Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online

Cara Menggunakan Laptop yang Benar Agar Awet

Penggunaan Laptop yang Benar Agar Awet - Setiap pemilik laptop pasti menginginkan agar laptop miliknya awet dan bisa lama digunakan. Cara penggunaan laptop sangat menentukan umur laptop anda. Kebanyakan kerusakan laptop yang terjadi adalah karena banyaknya penggunaan yang laptop yang tidak semestinya, atau karena kesalahan pemakaian.

Nah disini Cara Bisa akan membagikan cara menggunakan laptop yang benar agar tahan lama
merawat laptop1. Jangan gunakan Laptop diatas Kasur
Kasur atau bahan lembut dan empuk lainnya mempunyai sifat menyerap panas, bukan membuang hawa panas dan saat laptop menyala akan terus mengeluarkan hawa panas, akibatnya panas akan diserap oleh kasur sebagai alas Laptop. Tentu saja bisa merusak komponen laptop jika terus-menerus terpapar panas yang tinggi.

2. Jangan Menaruh Benda di Atas Laptop Terutama Berat
Benda yang ditaruh di atas laptop, meski tertutup bisa membuat LCD laptop rusak. Kerusakan awal LCD biasanya dit.

3. Jangan Mencolokkan Laptop ke listrik jika tanpa batteray.
Listrik di Indonesia yang sering byar pet sangat merugikan perangkat elektronik. Jika saat laptop tercolok ke listrik dan sedang beroperasi, pastikan batteray tetap terpasang, karena jika tetiba listrik padam, otomaytis sumber listrik akan tergantikan oleh batteray, sehingga tidak menyebabkan kerusakan karena adanya 'shock electric' tersebut.
4. Selalu bersihkan debu pada Laptop.
Meski terlihat sederhana, ini sangat membantu memperpanjang umur laptop anda. debu yang tidak dibersihkan bisa masuk ke komponen dalam laptop, sehingga akan menyebabkan kerusakan pelan-pelan, bisa juga menyebabkan meningkatnya suhu laptop saat dioperasikan, karena sirkulasi udara terganggu debu tadi.

5. Jangan menaruh Benda Cair di Dekat Laptop.
Semua barang elektronik haram kemasukan benda cair. Ini fungsinya adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena masuknya benda cair ke perangkat laptop anda.

6. Hindari Menyalakan Laptop di Ruangan Tanpa Pendingin.
Ruangan yang panas bisa memperparah peningkatan suhu laptop pada saat dioperasikan. Suhu ruangan yang dingin sangat membantu kinerja laptop menjadi lebih baik. Laptop yang sering 'overheat' akan lebih cepat mengalami kerusakan pada bagian komponennya.

7. Jangan Mengunakan Laptop sampai Baterai benar-benar kosong (Sampai 0%)
Segera charge batteray jika indikator sudah menunjukkan hampir kosong. Melakukan pengisian batteray yang sering kosong sama sekali akan lebih memperpendek umurnya. Gunakan setting pada OS anda agar laptop mati saat batteray tidak benar-benar kosong.

8. Jauhkan Benda Bermagnet Dari laptop
Magnet bisa sangat merusak komponen kelistrikan di dalam laptop. Hindarkan benda bermagnet dari laptop.

9. Atur ulang tingkat Kecerahan Layar
Atur tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan, fungsinya adalah untuk meminimalkan penggunaan daya yang berlebihan. Selain itu juga bisa memperpanjang usia LCD laptop anda. Atur tingkat kecerahan ke tingkat sedang dan menurut anda cukup nyaman.

10. Menonaktifkan Perangkat Eksternal Yang Tidak Diperlukan
Jika tidak sedang dipakai, nonaktifkan (copot) perangkat eksternal, misalnya USB Flash Drive ataupun Hard Disk eksternal, dll. Fungsinya adalah untuk meminimalisasi penggunaan daya laptop.

11. Operasikan Laptop di Permukaan yang Datar
Fungsinya adalah untuk menjaga agar cakram pada harddisk atau CD yang sedang berputar lebih mudah beroperasi dan tidak tergores jika permukaan miring. Pada saat laptop sedang beroperasi, otomatis cakram harddisk akan berputar sangat kencang, permukaan yang miring bisa menyebabkan cakram tergores. Inilah yang biasanya menyebabkan kerusakan pada sector tertentu dari harddisk (bad sector). Jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan harddisk menjadi rusak total dan tidak bisa digunakan.

Cara menggunakan laptop yang benar tersebut jika diterapkan akan bisa membuat laptop berumur panjang alias tahan lama.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Laptop yang Benar Agar Awet"