Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online

Tips Penting menjadi Biker yang Baik

Setiap tahun pertumbuhan motor di Indonesia bukannya makin berkurang namun malah sebaliknya. semakin menjadi-jadi. Sayangnya pertumbuhan ini tidak diimbangi dengan semakin meningkatnya kesadaran para biker untuk menjadi pengendara motor yang baik dan bertanggung jawab. Nah kali ini akan saya bagikan tips penting buat para biker untuk menjadi seorang biker yang baik dan bertanggungjawab.
biker
Silakan disimak.
1. Jangan lupa Lengkapi surat-surat kamu, SIM dan STNK pastinya. Kalau saja nanti kamu ditabrak oleh pengendara lain, tuntutan kamu bisa batal kalau kamu tidak bisa menunjukkan surat-surat resmi.
2. Gunakanlah Helm Standar berlabel SNI dan jangan lupa di-klik. Helm full face lebih aman karena menjaga bagian dagu, rahang dan mulut ketika misalnya terjatuh mencium aspal atau trotoar. Kita kan gak tau gimana posisi kita pas jatuh?

3. Andaikan kamu jatuh, usahakan memposisikan diri kamu rolling ke depan dengan siku dan tangan melindungi bagian kepala. Lakukan rolling ke arah bahu jalan atau trotoar menghindari kendaraan cepat dari belakang.

4. Jangan menelepon apalagi SMS/chatting di tengah arus lalu lintas. Matikan atau silent mode handphone kamu sebelum berjalan. Seandainya kamu menunggu telepon atau pesan penting, jangan menerimanya sambil berkendara, usahakan untuk menepi terlebih dahulu.

5. Jangan terlalu sering melihat spion ke belakang, karena kendaraan di depan bisa saja berhenti mendadak atau ada orang tiba-tiba lari menyebrang jalan. Hal ini patut diperhatikan terutama di malam hari.

6. Sebagai rider yang baik, kita harus membantu pengendara lain untuk menghindari lubang, pasir atau air dengan memberi aba-aba dengan kaki. Turunkan satu kaki atau dua kaki untuk menunjuk ke arah bahaya.

7. Hitung dengan cermat kekuatan dan kecepatan motor kamu dengan jarak yang akan ditempuh untuk menyalip kendaraan di depan dari sebelah kanan. Di jalanan, variabel hitungan kamu bisa saja cepat berubah setiap saat karena kendaraan lain juga ingin menyalip atau ada hambatan (lubang atau kendaraan lain) di sebelah kirinya.

8. Lampu motor wajib dinyalakan setiap saat, baik pagi, siang, sore, apalagi malam hari. Untuk diketahui, tilang karena tidak menyalakan lampu motor Rp. 100.000,-. Silahkan di cek di buku tilang pak Polisi —Pengalaman pribadi penulis — Gunakan perlengkapan lengkap dan sepatu saat berkendara, kalian tau gak kalo ternyata polisi bisa menilang kalian kalau naik motor pake sendal.

9. Nyalakan Lampu Sen jauh-jauh sebelum kamu membelok. Kira-kira 5 meter sebelum kamu membelok. Kalau kamu menyalakan lampu sen baru pada saat akan membelok, hal itu akan sia-sia karena tidak akan ada yang melihat.

10. Mengemudi terlalu pelan sama berbahayanya dengan mengemudi terlalu cepat. Terlalu pelan maka banyak pengendara di belakang kamu akan saling menyalip dan beresiko tabrakan. Terlalu cepat maka daya hancur ketika misalnya kamu jatuh juga semakin besar.

11. Kenali ukuran motor yang paling cocok untukmu. Untuk para biker wanita/pria berbadan kecil, sebaiknya menggunakan ukuran motor yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat, sesuaikan dengan ukuran tubuh kamu. 

2 comments for "Tips Penting menjadi Biker yang Baik"

  1. salam hangat dari kami ijin informasinya gan, dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete
  2. salam hangat dari kami ijin informasinya gan, dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete